Mengenal Bagian-Bagian di Scratch
Untuk dapat menggunakan Scratch, kita harus mengenali beberapa bagian dalam Scratch.
Masing-masing bagian merepresentasikan fitur atau fungsi yang dapat kita manfaatkan untuk membuat project.
 |
Tampilan Dekstop Scratch |
Keterangan : A = Sprite G= Tutorial
B = Backdrops H= Judul Project
C = Script/Code I= Share Project
D = Costumes J= Run Project
E = Sound K= Stop Project
F = File L= Ubah Tampilan Berukut ini adalah penjelasan untuk masing-masing bagian pada Scratch:
A. Sprite
Sprite adalah gambar objek yang dapat diprogram dengan menambahkan blok-blok program di dalamnya. Sprite memiliki pengaturan sebagai berikut:
1. Nama sprite pada kolom Sprite yang bisa kita ubah sesuai yang diinginkan
2. X (angka) dan y (angka) adalah titik koordinat letak suatu sprrite, bisa di customize maupun digeserkan dengan pointer
3. Size adalah ukuran dari sprite, bisa diubah sesuai yang diinginkan
4. Direction adalah arah sudut suatu sprite, bisa diubah sesuai kebutuhan
5. Choose a sprite adalah pilihan model atau gambar sprite.
Bisa memilih dari daftar gambar sprite yang disediakan,
menggambar sprite sendiri atau upload
B. Backdrop
Backdrop adalah gambar latar belakang pada kanvas. Tekan tombol Backdrops untuk mengganti latar belakang yang diinginkan. Backdrops ini terletak di sebelah kanan tombol sprite. Terdapat tombol Choose a backdrop untuk pilihan gambar backdrop. Bisa memilih dari daftar gambar backdrop yang disediakan, menggambar backdrop sendiri atau unggah gambar yang kita punya untuk menjadi backdrop. Selain itu juga terdapat stage untuk melihat layar backdrop yang ada sprite nya.
C. Script/Code
Script adalah kumpulan blok-blok perintah yang akan kita gunakan untuk memprogram. Masing-masing blok memiliki warna dan fungsi yang berbeda. Beberapa menu yang terdapat dalam script (menu code):
- Motion
- Looks
- Sound
- Events
- Control
- Sensing
- Operators
- Variables
- My blok
Setiap
script/code yang dipilih akan memiliki beberapa jenis blok program yang muncul di panel. Kita dapat
drag and drop sesuai kebutuhan.
D. Costumes
Costumes digunakan untuk memodifikasi tampilan dari sprite yang akan kita pakai dalam sebuah project. Satu sprite dapat memiliki lebih dari satu costumes dimana costumes tersebut dapat kita ganti ganti saat menjalankan projek nanti.
 |
Tampilan Costumes |
Menu costumes memiliki tombol tombol sebagai berikut
-Nama costumes yang dapat kita ubah-ubah sesuai keinginan kita
-Tombol select

yang berfungsi untuk memindah memilih dan memindahkan object pada costumes sprite yang kita pilih.
-Tombol reshape

yang berfungsi untuk mengubah bentuk dari suatu object pada sebuah sptrite.
-Tombol brush

yang berfungsi untuk mencoret-coret area yang ingin kita coret menggunakan mouse.
-Tombol eraser

yang berfungsi untuk object maupun coretan yang ada pada sprite
-Tombol fill

yang berfungsi untuk mengisi warna
pada area object yang diinginkan
-Tombol text

untuk menambahkan tulisan pada
sprite
-Tombol line

yang berfungsi untuk menambahkan garis pada
sprite
-Tombol circle

yang berfungsi untuk menambahkan shape lingkaran pada
sprite
-Tombol rectangle

yang berfungsi untuk menambahkan shape segi empat pada
sprite
-Tombol flip horizontal

yang berfungsi untuk mengubah tampilan sprite/object secara horizontal (kiri ke kanan dan kanan ke kiri/mencermin)
- Tombol flip vertikal

yang berfungsi untuk mengubah tampilan
sprite/object secara vertikal ( atas ke bawah dan bawah ke atas)
E. Sounds
sounds digunakan untuk menambahkan dan memodifikasi suara yang dapat dipakai oleh sprite yang ada di dalam sebuah project. Satu sprite dapat memiliki lebih dari 1 sound untuk dimainkan pada projek nanti.
 |
Tampilan Menu sounds
|
Menu Sounds memiliki tombol-tombol sebagai berikut:
-Tombol faster

yang berfungsi untuk mempercepat suara.
-Tombol slower

yang berfungsi untuk memperlambat suara.
-Tombol louder

yang berfungsi untuk memperkeras atau menaikan volume suara.
-Tombol softer

yang berfungsi untuk memperlembut atau mengecilkan volume suara.
-Tombol mute

untuk mematikan suara
-Tombol fade in

berfungsi untuk mengatur volume suara dari kecil ke keras
-Tombol fade out

berfungsi untuk mengatur volume suara dari besar ke kecil
-Tombol reverse

berfungsi untuk membuat suara menjadi terbalik
-Tombol robot

berfungsi untuk mengubah suara menjadi suara robot
F. File
File adalah fitur untuk membuat projek (New), menyimpan projek (Save to your computer) dan membuka project yang lalu yang sudah di save (Load from your computer)
 |
Tampilan Menu File |
G. Tutorial
Tutorial adalah fitur berisi video-video singkat contoh projek Scratch
H. Judul
Judul atau nama projek dapat diisi pada kotak judul pada bagian atas projek
I. Share Project
Hasil dari projek yang kita buat dapat kita sebarkan ke orang-orang agar mereka dapat melihat hasil karya kita yang kita buat di projek tersebut. Hanya dengan menekan tombol share yang terletak pada bagian atas projek, maka projek akan langsung di share di halaman website tersebut. Fitur ini hanya ada di scratch online.
J. Run Project
Simbol bendera hijau

untuk menjalankan projek. yang sudah kita buat
K. Stop Project
Simbol lingkaran merah

untuk menghentikan projek
L. Ubah Tampilan
Ada 3 model layar yang dapat dipilih sesuai kenyamanan.
Nilai 100 yang ngumpul tanggal 30 Oktober 2024 Kelas VIIIA
ReplyDelete1. Cut Marcela
2. Khaira Rashiqa Ichsan
3. Zifara Rahmanda
4. Nazla Qanita
Nilai 90 yang ngumpul tanggal 31 Oktober 2024 Kelas VIIIA
Delete1. Sayid Aslim Sitompul
2.HANI SINTIA BR TARIGAN
Nilai 100 yang ngumpul tanggal 30 Oktober 2024 Kelas VIIIB
ReplyDelete1. Javier Adlin Najib
2. Shaun Frizy Leonel
3. Dedek Kushendra
4. Akhmal AR Rasyid
5. Muhammad Habibullah
6. Tufa Adelia Fitri Siregar
7. Bening Ayu Fitria
8. Nabilah Dwi Ramadani
9. Hasyifa Zahara
10. Adinda Yusra
11. Aira Aditya
12. Andira Primza Karo-Karo
13. Safitri Noviza Anggraini
14. Ayang Nazirah
15. Rizky Alfarisi Ginting
16. Nur Zia Inayah
17. Daffa Ismul Azham
Nilai 90 yang ngumpul tanggal 31 Oktober 2024 Kelas VIIIB
Delete1. Hafizi Rayhan Pratama